Minggu, 17 Februari 2013

TIPS MENJADI PENGUSAHA SUKSES




Banyak yang mengatakan dan sering terdengar di telinga kita bahwa 80%rejeki yang ada di dunia ini adalah milik pengusaha. Nah, dari situ saya selalu ingin dan telah menjadikan impian saya adalah seorang pengusaha yang sukses.
Kali ini saya akan membagikan salah satu ilmu mengenai bisnis, dari mulai bagaimana memulai dan menjalankan usaha yang akan dijalankan. Mungkin Anda bingung apakah pedagang merupakan pengusaha? Bagaimana cara membedakannya? Jika Anda bingung, saya akan memberitahu perbedaan pedangang dan pengusaha. Kalau berdagang, kita dapat melihat pedangang-pedagang yang selalu berjualan di pinggir jalan ataupun di salah satu ruko, tapi Anda lihat selama bertahun-tahun, apakah pekerjaan mereka berubah atau tidak. Pedangang akan selalu menjadi pedangang dan selalu berjualan apa yang mereka jual sampai bertahun-tahun bahkan akan menjadi pekerjaan tetapnya. Berbeda dengan pengusaha, seorang pengusaha akan memutar otaknya dan akan menjadikan usahanya berkembang sampai dikenal banyak orang. Agar Anda tidak bingung, kita memakai contoh langsung. Banyak sekali seseorang yang berjualan pecel lele di pinggir jalan ataupun di ruko-ruko, tapi Anda bisa lihat, yang berjualan orangnya hanya itu saja dan tidak berubah, dia tidak merubah nasibnya dari seorang pedagang menjadi pengusaha. Berbeda dengan pemikiran pengusaha, kita lihat saja contohnya seperti pecel lele lela, mungkin dia menjual pecel lele, tetapi pecel lele yang dia jual tidak hanya di satu tempat, dia telah membuka cabang di berbagai tempat di Indonesia. Dia tidak berjualan, tetapi dia memperkerjakan orang untuk menjalankan usahanya, seorang pengusaha akan menciptakan lapangan pekerjaan yang membuat seseorang tidak menjadi pengangguran. Nah, itu sebagai contoh saja, agar Anda dapat membedakan seorang pedagang dengan pengusaha.
                Setelah Anda membaca tentang perbedaan pengusaha dan pedagang, apakah Anda tertarik untuk menjadi pengusaha? Jika iya, itu telah menjadi salah satu modal utama dalam memulai dan meniti karir menjadi pengusaha yang sukses. Adapun tips untuk menjadi pengusaha sukses, antara lain:

1.       Niat yang kuat
Untuk menjadi pengusaha yang sukses Anda harus mempunyai niat yang kuat yang tidak akan tergoyahkan disaat ada godaan yang akan menghambat Anda untuk menjadi pengusaha. Untuk itu, bulatkan tekad dan niat yang kuat untuk menjalankan sebuah usaha, karena untuk menjadi pengusaha yang sukses akan ada cobaan-cobaan yang akan menimpa Anda. Dan dengan niat yang kuat itu akan menjadi salah satu senjata andalan Anda untuk melawan cobaan-cobaan tersebut.

2.       Berpikir tentang kesuksesan
Dari artikel saya sebelumnya, saya selalu menekankan kepada Anda bahwa untuk menjadi pengusaha yang sukses adalah harus mempunya mimpi yang besar, jangan tanggung-tanggung, seorang calon pengusaha sukses akan bermimpi setinggi mungkin untuk mendapatkan apa yang di inginkan. Untuk itu, buatlah mimpi dan cita-cita apa saja yang akan menjadi acuan Anda.

3.       Selalu bersemangat dengan apa yang anda lakukan
Semangat adalah kata-kata yang mudah diucapkan tetapi jarang orang melakukannya. Jika Anda telah melewati tahap pertama dan kedua, ada tahap selanjutnya, yaitu semangat dalam menjalankan usaha ataupun mengejer mimpi-mimpi Anda. Jika kita melakukan sesuatu dengan semangat yang kuat, insya allah itu akan menjadi penolong kita untuk meraih kesuksesan. Jangan pernah menyerah dan putus asa dalam setiap pengorbanan Anda untuk meraih kesuksesan.

4.       Fokus pada kekuatan Anda
Setelah Anda semangat untuk menjadi pengusaha sukses, Anda harus fokus pada kekuatan Anda, jangan terkecoh dan jangan tergoda dengan isu-isu ataupun sesuatu yang akan melemahkan tekad Anda untuk menjadi pengusaha.

5.       Tidak pernah mempertimbangkan kemungkinan kegagalan
Kegagalan adalah hal yang biasa untuk para pengusaha, banyak cobaan yang akan Anda dapatkan, seperti kebangkrutan, ini yang sering membuat para calon pengusaha mundur untuk menjadi pengusaha sukses, karena mental yang kurang akan membuat pengusaha kehilangan semangatnya. Untuk itu, jangan takut untuk menghadapi kegagalan, kerena kegagalan akan menjadi suatu pelajaran bagi kita, yang akan merubah kegagalan yang akan datang menjadi kesuksesan yang akan datang pada Anda.


6.      Bekerja Keras
Setiap pengusaha sukses selalu bekerja keras dan lebih keras lagi. Tidak ada mencapai sukses hanya dengan duduk dan menatap dinding setiap hari. Biografi atau kisah setiap pengusaha sukses bahwa mereka harus bekerja lebih dari 60 jam per minggu di awal bisnis mereka. Bersiaplah untuk mengucapkan selamat tinggal pada acara liburan, bersenang-senang untuk sementara. Jika Anda berada dalam tahap memulai usaha atau bisnis, anda harus menahan untuk hal-hal tersebut sampai anda benar-benar bisa mandiri. Bekerja keras akan lebih mudah jika Anda memiliki visi, tujuan yang jelas, dan semangat dan gairah dengan apa yang Anda lakukan.

7.       Terus-menerus carilah cara mencari Jaringan


jangan sendiri dalam menjalankan usaha Anda, carilah jaringan, seperti teman, kerabat, sahabat, saudara ataupun orang terdekat Anda untuk dijadikan rekan bisnis, karena dia akan membantu Anda untuk menjalankan bisnis Anda.

8.       Bersedia untuk belajar
Untuk menjadi pengusaha sukses, Anda tidak perlu belajar ataupun kuliah sampai sarjana, jangan berkecil hati, karena sudah banyak sekali contoh-contoh seseorang yang telah menjadi pengusaha sukses yang berasal dari keluarga yang miskin, jadi Anda tidak usah khawatir akan hal itu, untuk menjadi pengusaha sukses, Anda bisa belajar kepada teman ataupun orang tua Anda dan Anda bisa belajar dari orang-orang yang telah sukses bagaimana caranya untuk memulai bisnis yang baik dan benar.


9.      Tekun dan memiliki keyakinan
Tidak ada yang mengatakan bahwa jalan menuju sukses itu mudah. Meskipun niat baik dan kerja keras, kadang-kadang Anda akan gagal. Beberapa pengusaha sukses mengalami kemunduran dan Gatot (Gagal Total), bahkan kebangkrutan, namun berhasil dengan cepat bangkit untuk menjadi besar di bidang mereka. Keberanian Anda untuk bertahan dalam menghadapi kesulitan dan kemampuan untuk bangkit kembali setelah kegagalan, akan menjamin kesuksesan Anda selanjutnya. Anda harus belajar untuk bangkit lagi dan mulai dari awal lagi. Ketekunan Anda adalah ukuran dari keyakinan dalam diri Anda. Ingat, jika Anda tekun, tidak ada yang dapat menghentikan Anda.

10.  Disiplin pada diri sendiri
Sebuah pepatah mengatakan: "Lakukan apa yang harus Anda lakukan, ketika Anda harus melakukannya, apakah Anda suka atau tidak".
Disiplin diri adalah kunci keberhasilan. Kekuatan akan memaksa diri untuk membayar harga sebuah kesuksesan, melakukan apa yang orang lain tidak suka lakukan, pergi jauh, melawan dan memenangkan pertempuran dengan diri sendiri.

Semoga anda menjadi pengusaha sukses, tetap semangat pasti anda akan sukses.

2 komentar:

Hidup itu harus luar biasa, harus beda dari yang lainnya, harus melakukan yang lebih, karena kalau hanya hidup saja, binatang juga bisa.. ayo, kita semua pasti bisa sukses!

INI KISAH NYATA SAYA SEORANG PEMBANTU RUMAH TANGGA SUKSES DENGAN DANA GAIB HIBAH HALAL YANG DI BERIKAN PAK H,ERLANGGA.SEKARANG SUDAH SUKSES DENAGAN USAHA SAYA SEKARANG INI.JIKA BUTUH DANA GAIB HALAL UNTUK BUKA USAHA ATAU BAYAR UTANG.UNTUK INFO LEBIH JELAS KLIK DISINI

Posting Komentar